Sabtu, 12 November 2011

KEPEMIMPINAN YANG SUKSES

Senua orang punya potensi untuk menjadi pemimpin.Potensi ini kerap kali masih sederhana, atau tanpa pengalaman maupun keyakinan/ rasa percaya diri, sehingga menghalangi seseorang untuk tampil menjadi pemimpin.Meskipun demikian, kesempatan untuk menjadi pemimpin muncul setiap hari. Bahkan, individu yang paling enggan sekali pun kadang-kadang ternyata / terpaksa menjadi pemimpin . Semakin siap seseorang untuk menghadapi tantangan , semakin siap pula ia untuk mengembangkan keterampilan barudan meningkatkan keyakinan / rasa percaya diri maupun pengertian terhadap pribadinya sendiri.
Keterampilan memimpin dapat di peroleh melalui latihan dan usaha.Proses ini kerap kali dimulai ketika seeorang menyadari bahwa dirinya ternyata memiliki kualitas dan kekuatan yang bisanya di hubungkan dengan kepemimpinan . Mereka sendiri terkejut dengan sumber daya yang ada didalam dirinya sendiri . Ketika muncul kekuatan semacam ini -yakni,kekuatan yang ada di dalam dirinya sendiri ,maka keberadaan seperti itu akan tidak mudah terlupakan. Latihan secara teratur terhadap kekuatan yng baru saja di temukan itu dapat menghasilkan rasa puas dan pencapaian yang lebih jauh lagi.
Setiap situasi memiliki perbedaannya sendiri. Meskipun kejadian-kejadian yang penting tampak gemerlapan dan dapat menarik perhatian , namun kejadian-kejadian yang lebih rutin juga menguntungkan bagi perkembangan kepemimpinan. Setiap kesempatan untuk memimpin dapat memberikan praktek dan pengalaman yang berharga. Ini merupakan persiapan untuk kejadian-kejaddian yang lebih besar di masa mendatang
Para pemimpin yang potensial juga harus mengakui bahwabersama-sama dengan peranan itu terdapat pula tanggung jawab.Memimpin / memikul tanggung jawab efektif memerlukan usaaha yang kuar biasa besar/ beratnya. Ini tidak hanya berarti tekanan, stres,dan tantangan, tetapi juga kepuasan yang luar biasa jika tugas itu dapat dicapai dengan sukses.karena orang kebanyakan menjadi pengikut dalam hampir setiap waktu, maka setiap upaya untuk mengembangkan kepemimpinan harus mencakup keterampilanuntuk mengikuti orang lain. Dua rangkaian keterampilan ini memang saling melengkapi, pendukung yang terampil tahu tentang bagaimana caranya memberikan sumbangan untuk kesuksesan seorang pemimpin. Sementara seorang pemimpin yang baik selalu  bertindak atas nama para pendukungnya.
Sumber. :Carol A.1992.Kepemimpinan yang Sukses.Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar